Sunday, October 06, 2024

www.SportCorner.id - Bintang Liverpool, Virgil van Dijk, mendapat kritik karena dianggap tidak memiliki jiwa kepemimpinan saat di timnas Belanda.

Meskipun sukses bermain untuk klub, Van Dijk tetap mendapat kritik terkait performanya ketika membela timnas Belanda. Di mana dia juga dipercayakan menjadi kapten tim De Oranje.

Legenda Belanda, Ruud Gullit, menilai bahwa Van Dijk tidak memiliki jiwa kepemimpinan. Tidak hanya mengkritik pemain Liverpool itu, ia juga menilai Frankie De Jong memiliki sikap yang sama ketika sedang membela negaranya.

“Saya pikir Van Dijk dan De Jong tidak memiliki jiwa kepempinan. Sebenarnya, saya meminta yang tidak mereka miliki. Mereka membutuhkan lebih banyak perhatian untuk permainan mereka sendiri,” ungkap Gullit melansir The Sun.

Pemain bernomor punggung 4 itu dikritik setelah performanya bersama Belanda ketika melawan Italia pada UEFA Nations League. Di mana pada perebutan juara tiga itu timnya harus menelan kekalahan tipis dengan skor 3-2.

Sorotan tajam diberikan pada Van Dijk yang gagal satu melawan satu dengan penyerang Italia, Federico Chiesa. Hal tersebut yang membuat banyak pihak menyalahkan pertahanan yang dibangun De Oranje.

Sejak dipanggil untuk membela timnas pada tahun 2015, VVD berkontribusi pada 58 pertandingan. Sayangnya, ia belum mampu membawa trofi apa pun pada negara kelahirannya.

Karier yang yang tidak terlalu bagus di timnas berbanding terbalik dengan pencapaian Van Dijk di The Reds. Selama enam musim di Anfield, ia telah bermain untuk 222 pertandingan dan perolehan delapan trofi, salah satunya trofi Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub.