Sunday, October 06, 2024

www.SportCorner.id - Iklan Piala Dunia wanita 2023 di Prancis menarik perhatian penggemar dengan konsepnya yang ‘membingungkan’ dengan menyuarakan emansipasi wanita.

Perusahaan telekomunikasi Prancis, Orange, merilis sebuah iklan yang menunjukkan beberapa pemain andalan tim nasional pria seperti Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, dan lain sebagainya.

Terlihat mereka melakukan permainan yang baik dan cepat serta gol-gol menakjubkan. Namun, cuplikan seketika berubah. Ternyata sepanjang video bermain bukanlah Mbappe dan kawan-kawan. Semua penonton ‘ditipu’.

Muncul sebuah pesan berbunyi, “Hanya Les Bleus yang dapat memberi kami emosi ini. Tapi bukan itu yang baru saja Anda lihat.”

Sebaliknya, sepotong iklan tersebut adalah aksi yang dilakukan oleh timnas Prancis wanita. Orange menggunakan teknologi CGI untuk mengubah masing-masing pemain dari pria ke wanita dalam sekejap.

Sebagai penutup, iklan itu menampilkan pernyataan, “Di Orange, kami mendukung Les Bleues.”

Les Bleues adalah julukan yang diberikan untuk timnas wanita Prancis, sedangkan Le Bleus ditujukan kepada tim pria.

Iklan tersebut memiliki makna penentangan terhadap persepsi sepak bola wanita yang diasumsikan sebagai permainan lambat, tidak menarik, dan membosankan.

Padahal, banyak juga pesepakbola wanita memiliki keterampilan tinggi, seperti Selma Bacha dan Sakina Karchaoui.

Prancis akan memainkan pertandingan pertama melawan Jamaika pada Minggu, 23 Juli 2023 di Allianz Stadium, Sydney. Mereka digadang-gadang akan mencapai tahap akhir turnamen atau bahkan keluar sebagai Juara Dunia.