Saturday, October 05, 2024

www.SportCorner.id - Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) semakin optimistis Indonesia mampu mengukir sejarah di Olimpide Paris 2024. Asa tersebut terlihat setelah atlet panjat tebing putri, Desak Made Rita Kusuma Dewi berhasil lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Kepastian tiket ke Olimpiade didapat setelah Desak Made meraih medali emas di nomor speed di IFSC Climbing World Championbship 2023, Bern, Swiss, Kamis 10 Agustus 2023 waktu setempat.

Ini adalah tiket kedua Olimpiade Paris bagi Indonesia. Pekan lalu, atlet panahan, Arief Dwi Pangestu mengamankan tiket Olimpiade Paris 2024 usai tampil di Kejuaraan Dunia Archery di Berlin, Jerman.

"Saya bangga dengan penampilan atlet-atlet Tim Indonesia, terutama dari cabang olahraga panjat tebing yang telah mengamankan tiket Olimpiade Paris. Apa yang telah ditorehkan Desak tentu menambah semangat kita tampil di Olimpiade, dan seperti yang telah saya katakan sebelum, saya percaya Indonesia dapat membuat sejarah baru di Paris 2024,” kata Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari dalam rilisnya, Jumat, 11 Agustus 2023.

Desak Made lolos ke Olimpiade Paris 2024 usai mengalahkan Emma Hunt dari Amerika Serikat di laga final. Desak Made mencatatkan waktu 6,49 detik.

Setelah Bern, kualifikasi Olimpiade selanjutnya akan melalui zona Kontinental. Untuk Asia akan diselenggarakan pada 9-12 November 2023.

"KOI berharap atlet-atlet kami dapat semakin termotivasi untuk mengejar tiket kualifikasi Olimpiade Paris. Untuk Panjat Tebing masih ada kesempatan," ujar Okto.