Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Kurniawan Dwi Yulianto membeberkan klub dan pelatih yang paling berkesan selama berkarier di sepak bola.

Selama berkarier hampir dua dekade sebagai pesepakbola, Kurniawan pernah membela banyak klub di Indonesia. Dia juga bekerja sama dengan banyak pelatih.

Kurniawan mengaku semua klub yang pernah dibelanya punya kesan masing-masing. Alasannya, dari beberapa klub tersebut memiliki sejarah yang berbeda.

“Hampir semua klub saya sukalah. Karena banyak history-nya kan. Di Persebaya saya suka, juara. Di PSM juga juara. Ini sangat spesial lah,” kata Kurniawan dalam Podcast di channel Youtube Sport Corner pada Kamis, 17 Agustus 2023.

Namun, terdapat dua klub yang paling melekat di hati asisten pelatih Como itu.

“Tapi yang benar-benar di hati mungkin di Persija dan Pelita,” kata pria kelahiran Magelang itu.

“Karena kalau di Pelita, itu merupakan klub pertama. Terus juga di Pelita, saya bermain juga dengan eks pemain Primavera,” tambahnya.

Selain itu, Kurniawan menjelaskan ketika memperkuat klub Eropa dan Indonesia, tidak ada perbedaan yang signifikan antar kedua klub tersebut.

“Menurut saya, itu hampir nggak ada bedanya dengan klub professional di New Zealand, Eropa,” katanya.

“Saya main pertama kan di FC Luzern dengan fasilitas segitu lengkapnya. Begitu balik ke Indonesia punya fasilitas yang sama. Ada klinik, gym, kolam renang, lapangan. Itu benar-benar yang nggak ada bedanya,” jelasnya.