Sunday, October 06, 2024

www.SportCorner.id - Asian Games 2022 Hangzhou, China resmi berakhir. Pesta olahraga Asia ini mulai digelar pada 23 September hingga 8 Oktober yang diikuti oleh 38 negara.

Di Asian Games 2022 Indonesia finis di posisi ke-13. Total Indonesia mendapatkan 36 medali.

Yang terdiri dari 7 medali emas, 11 perak dan 18 perunggu.

Medali emas didapat dari cabang olahraga, BMX atas nama, Amellya Nir Sifa di nomor Women Race. Kemudian dari cabang olahraga dayung, di nomor Dargon Boat (12) men's 1000 m straight race.

Dua medali emas dari cabang olahraga menembak, dari Muhammad Sejahtera Dwi Putra. Ia mendapatkan medali emas dari nomor 10m running target man dan 10m running target mixed run men.

Baca juga: Dari Angka Sial China ke Barat dalam Perolehan Medali Indonesia di Asian Games

Kemudian cabang olahraga panjat tebing atas nama, Desak Made Rita Kusuma Dewi di nomor women's speed. Angkat besi atas nama, Rahmat Erwin Abdullah di nomor Men's 73kg.

Dan terakhir dari wushu atas nama, Harris Horatius di nomor men's nanquan dan nangun all-round.

Hasil di Asian Games 2022, meleset dari yang ditargetkan. Presiden Joko Widodo meminta agar Indonesia bisa finis di 10 besar.

Sedangkan dari Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo menyebutkan jika terget Indonesia di Asian Games 2022 adalah 12 besar. Salah satu cabang olahraga yang gagal menyumbangkan medali adalah dari bulutangkis.

"Setelah selesai nanti kami evaluasi total seluruh cabang olahraga di Asian Games dan kami analisa bagi yang meleset target. Kami harus duduk bersama dan mencari solusi apa yang terbaik," kata Menpora Dito dikutip dari laman Kemenpora.

Seperti diketahui, pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, Indonesia berhasil finis di posisi keempat. Ketik itu, Indonesia meriah total 98 medali.

Yang terdiri dari 31 medali emas, 24 medali perak dan 43 perunggu. Cabang olahraga pencak silat menjadi penyumbang medali emas terbanyak yakni mencapai 14.  

Namun di Asian Games 2022, cabang olahraga pencak silat tidak dipertandingkan. Sedangkan pada Asian Games 2018, karena Indonesia sebagai tuan rumah maka memiliki keuntungan untuk menentukan cabang olahraga yang dipertandingkan.

Kemudian di cabang olahraga panjat tebing pada Asian Games 2018, Indonesia mendapatkan tiga medali emas. Lantas cabang olahraga bulutangkis, balap sepeda dan paragliding masing-masing menyumbangkan dua medali emas.

Catatan Tim Indonesia sejak Asian Games 1982

Asian Games 1982 New Delhi