Thursday, October 17, 2024

www.SportCorner.id - Petenis Rafael Nadal memutuskan absen di turnamen grand slam French Open karena kondisinya belum fit pasca-cedera.

Nadal, yang sangat dominan di French Open selama dua dekade terakhir, tak pernah absen sejak meraih titel pertamanya di Paris di 2005. Tapi, tahun ini dia dipastikan absen karena belum sepenuhnya fit stelah mengalami cedera panggul di grand slam Austalia Open pada Januari lalu.

"Saya akan berusaha fit 100 persen untuk tahun depan yang kemungkinan akan menjadi turnamen terakhir dalam karier profesional saya. Proses pemulihan cedera setelah Australian Open tak sesuai harapan dan mustahil tampil di Roland Garros (French Open, red)," ujar Nadal, dikutip dari Reuters, Sabtu 20 Mei 2023.

Nadal mengatakan, dia harus berhenti bermain demi masa depan dan sepenuhnya sembuh dari cedera dan kembali tampil di French Open tahun depan.

"Saya belum tahu kapan bisa main lagi. Saya akan melihat seperti apa tubuh saya merespons. Jika saya tetap main dalam kondisi seperti ini, saya rasa saya tak  bisa main di French Open tahun depan," katanya.

"Saya tak tahu apakah bisa kembali ke permainan level top dan bersaing di grand slam. Yang akan saya lakukan adalah memberikan saya kesempatan tampil di French Open tahun depan yang kemungkinan turnamen terakhir saya," ucapnya.

Grand slam French Open akan dimulai pada 28 Mei hingga 11 Juni 2023. Nadal menjadi pengoleksi gelar terbanyak di turnamen yang dihelat di lapangan tanah liat tersebut dengan 14 trofi.