Thursday, September 19, 2024

www.SportCorner.id - Kemenpora menggelontorkan dana Rp135 miliar kepada PP Perbasi dan panitia lokal (LOC) untuk pelaksanaan FIBA World Cup 2023 atau Piala Dunia Bola Basket di Indonesia.

Menpora Dito Ariotedjo meminta kepada Perbasi sebagai penanggung jawab dan LOC FIBA World Cup 2023 Indonesia agar menggunakan dana secara transparan dan akuntabel.

"Kunci sukses adalah menyelesaikan semua administrasi dan semua pertanggungjawaban keuangan negara secara transparan dan akuntabel. Karena ini adalah APBN, anggaran negara," kata Menpora.

Meski tim basket Indonesia tidak berpartisipasi dalam kejuaraan dunia tersebut, Menpora berharap dunia bisa melihat Indonesia sudah layak menggelar kompetisi level dunia.

"Walaupun tim Indonesia kali ini tidak dapat berlaga, tapi setidaknya kita bisa tunjukkan kepada dunia Indonesia adalah negara pecinta olahraga dan memang sudah mampu menyelenggarakan setingkat dunia," ujar Menpora Dito.

Selain Indonesia, FIBA World Cup 2023 diselenggarakan di Filipia dan Jepang. Adapun di Indonesia akan dilaksanakan di Arena Senayan Jakarta pada 25 Agustus hingga 3 September 2023.

Negara-negara yang akan bertanding di Indonesia adalah juara bertahan Spanyol, Iran, Pantai Gading, dan Brazil yang tergabung di grup G.

Negara lainnya adalah Kanada, Latvia, Lebanon, dan Prancis yang tergabung di grup H.