Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Klub Persib Bandung tengah menjadi pembicaraan terkait dengan perubahan hari lahir klub.

Pada awalnya Persib hari kelahiran Persib adalah 14 Maret 1933. Namun kemudian Persib mengubahnya menjadi tanggal 5 Januari 1919.

Perubahan hari lahir Persib ini tidak terlepas dari riset yang dilakukan oleh Tim Peneliti Hari Jadi Persib yang diketuai Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran (FIB Unpad), Prof Kunto Sofianto, Ph.D.

Ada beberapa alasan yang membuat Persib mengubah tanggal lahirnya. Salah satunya adalah terkait dengan sejarah berdirinya PSSI.

Ya, Persib merupakah salah satu dari tujuh klub perserikatan yang mendirikan PSSI.

Baca juga: Jadwal Urawa Red vs Al Ahly di Piala Dunia Antarklub

Ketua Tim Riset, Prof Kunto menyebutkan, jika dikaitkan dengan sejarah berdirinya PSSI maka menjadi tidak nyambung.

Menurut data PSSI lahir pada 19 April 1930. Prof Kunto menyebutkan, seharusnya sebagai salah satu pendiri PSSI, Persib harus lahir sebelum PSSI.

"Dalam perspektif historis, tanggal 14 Maret 1933 yang selama ini diyakini sebagai hari jadi Persib, tidak berdasarkan fakta sejarah (ahistoris) apabila dikaitkan peran BIVB dalam proses pendirian PSSI tanggal 19 April 1930," kata Kunto.

Seperti diketahui, tujuh klub yang ikut berperan dalam pendirian PSSI adalah, Persija, Persib, Persebaya, Persis, PSIM Yogyakarta, PSM Madiun dan PPSM Magelang.