Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Timnas Indonesia vs Jepang akan jadi laga yang sangat menentukan di matchday ketiga Grup D Piala Asia 2023 mendatang.

Kedua negara punya jumlah poin yang sama dan bakal berlomba untuk mendampingi Irak menuju babak 16 besar.

Jepang yang awalnya menjadi favorit kuat di kompetisi dihadapkan pada situasi cukup rumit untuk ukurang mereka.

Kekalahan 2-0 dari Irak di matchday kedua membuat The Blue Samurai kehilangan posisi peminpin klasemen Grup D dan kelolosan otomatis menuju fase knockout terancam gagal diraih.

Andai kalah dari Indonesia pada Rabu (24/1/2024) nanti, maka Jepang bakal duduk di posisi ketiga perolehan poin pamungkas yang mana nasib mereka bakal ditentukan oleh tim dari grup-grup lain.

Baca juga: Menanti Duel Rasa Eropa Jepang vs Indonesia di Piala Asia 2023

Hanya empat dari enam tiga tim dari peringkat ketiga yang diberikan kesempatan melaju ke 16 besar dan tentunya Jepang tidak ingin tidak punya keleluasaan menentukan nasib sendiri.

Beruntung ada gap kekuatan yang sangat jauh dengan Indonesia. Tim Garuda (149) adalah tim terlemah dari segi peringkat FIFA di Piala Asia 2023 sementara Wataru Endo dan kolega menduduki tangga ke-20 yang berarti tertinggi meski sebenarnya sudah turun tiga level.

Jepang pun diperkuat pemain-pemain yang berkarier di liga-liga top Eropa. Masih belum bisa dibandingkan dengan Indonesia meski kini juga memiliki sejumlah bintang keturunan benua biru.

Secara head-to-head, uniknya Indonesia tidak kalah jauh dari Jepang dengan lima kemenangan dan delapan kali kalah dari total 15 kali pertemuan.

Hal itu sebenarnya dikarenakan kedua negara belum pernah bertemu lagi di panggung internasional sejak Juni 1989 sehingga head-to-head mereka kehilangan relefansinya saat ini.

Baca juga: Skenario Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia, Dibantu Saudara Tua?

Duel pertama Indonesia vs Jepang tercata digelar di Asian Games 1954. Bertemu di fase grup cabor sepakbola, Merah-Putih mampu menang 5-3 dimana striker legendaris Andi Ramang ikut menyumbang satu gol.

Sedangkan perjumpaan terakhir hadir di kualifikasi Piala Dunia 1990. Indonesia yang diperkuat Robby Darwis dan Ricky Yacobi bertekuk lutut 5-0 dan setelahnya belum ada lagi laga Indonesia vs Jepang sampai akhirnya dipertemukan di Piala Asia 2023.

Head-to-head Indonesia vs Jepang

(01/05/1954) Jepang 3-5 Indonesia - Asian Games