Wednesday, October 23, 2024

www.SportCorner.id - Manajer Tim Nasional Indonesia U-22 di SEA Games, Sumardji, membocorkan ada pemain yang tidak mau dipanggil pelatih Shin Tae Yong. Takut dengan porsi latihan fisik sang pelatih.

Sumardji tidak menjelaskan secara spesifik pemain siapa saja yang dimaksud. Namun, ia meluruskan bahwa hal tersebut terjadi ketika sebelum mereka menjuarai SEA Games 2023 di Kamboja.

“Standar Shin Tae Yong tinggi kalau fisik. Makanya anak-anak, adik-adik saya di klub begitu dipanggil agak merinding duluan, bahkan kalau bisa tak dipanggil,” kata Sumardji melalui kanal Youtube Sport77 Official pada Senin, 29 Mei 2023.

Setelah berhasil menjuarai SEA Games 2023, Sumardji mengatakan bahwa para pemain kini bangga jika dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae Yong.

“Tapi untuk anak-anak sekarang, dengan adanya momentum seperti ini (juara SEA Games 2023) yang dipanggil Timnas itu kebanggaan,” lanjut Sumardji.

Aspek fisik selalu menjadi fokus utama pelatih yang kerap disapa STY tersebut. Sejak awal, ia akan menggempur para pemain dengan latihan fisik dan mentalitas agar mampu tahan bermain di dalam lapangan.

Namun, porsi latihan fisik dan mental yang diterapkan STY berdampak baik pada para pemain. Misalnya, Pratama Arhan dkk yang ketahanan fisiknya tidak mudah berkurang ketika bermain.

Kini Shin Tae Yong telah memanggil 26 pemain hebat untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia menjelang FIFA Matchday bulan Juni nanti.