Saturday, October 05, 2024

www.SportCorner.id - Taufik Hidayat mempertanyakan keputusan BWF memasukkan Lee Chong Wei ke dalam Hall of Fame. Sebenarnya, bagaimana sih aturan dan kriterianya?

Nama Taufik Hidayat sedang menjadi sorotan gegara komentarnya soal Lee Chong Wei yang masuk ke dalam BWF Hall of Fame bersama dengan legenda bulutangkis asal China, Lin Dan.

Taufik mempertanyakan kriteria untuk masuk ke dalam BWF Hall of Fame. Sebab, jika dilihat dari prestasi, Taufik sudah memenangkan satu medali emas Olimpiade dan Kejuaraan Dunia.

Sementara itu, Lee Chong Wei hanya meraih medali perak Olimpiade dan medali perak Kejuaraan Dunia. Lalu, bagaimana sih sebenarnya kriteria pemilihan nominasi BWF Hall of Fame?

Hall of Fame adalah penghargaan dari BWF untuk menghormati atlet bulutangkis yang punya prestasi luar biasa saat masih aktif bermain. Dalam regulasi BWF, dijelaskan beberapa kriteria untuk masuk nominasi, di antaranya adalah:

1. Hasil dan pencapaian luar biasa sepanjang karier bulutangkis
2. Kontribusi signifikan di dunia bulutangkis melebihi penampilan di lapangan
3. Dijadikan panutan
4. Nominator harus sudah pensiun minimal lima tahun atau lebih
5. Dihormati secara internasional di bulutangkis dan dihormati oleh badan olahraga dunia, seperti IOC, IPC, ASOIF, SportAccord, dan WADA

Yang berhak memasukkan nama-nama atlet dalam nominasi BWF Hall of Fame adalah Dewan dan Anggota Asosiasi BWF. Penerima penghargaan atau kehormatan BWF sebelumnya masih bisa masuk nominasi untuk Hall of Fame.