Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Timnas Indonesia hari ini, Senin (29/4/2024), akan menjalani partai semifinal Piala Asia U-23 2024 kontra Uzbekistan.

Meski tidak diunggulkan di atas kertas namun Merah-Putih sebenarnya punya rekor yang cukup bagus melawan negara Asia Tengah di era kepelatihan Shin Tae-yong.

Sejak datang dari Korea Selatan pada 2020 silam, Shin Tae-yong sudah menangani timnas Indonesia di empat level berbeda.

Selain senior dan U-23, pria 53 tahun itu juga sempat memegang komando di jenjang U-20 juga U-19 sehingga ia sudah punya cukup banyak jam terbang.

Tidak kurang dari 95 pertandingan internasional resmi (tidak menghitung uji coba tertutup) telah Shin Tae-yong jalani dan beberapa di antaranya menghadapi negara Asia Tengah.

Baca juga: Jadwal Semifinal Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia vs Uzbekistan

Kendati belum menjadi powerhouse di benua kuning, namun negara-negara dari sub-regional CAFA tetap punya kekuatan terhormat dalam sepakbola.

Kelebihan mereka dalam postur tubuh seringkali membuat negara dari Asia bagian timur, selatan, dan tenggara kesulitan saat beradu di lapangan.

Walau demikian Shin Tae-yong berhasil mengumpulkan resume yang apik selama menjadi nakhoda timnas Indonesia sehingga tetap ada dasar untuk percaya diri melawan Uzbekistan malam nanti.