Tabrakan Mobil VS Truk, Mengapa Truk yang Menang?

Masalah crumple zone pada mobil tidak selalu sejajar dengan crumple zone pada truk sehingga bodi mobil lebih banyak menyerap benturan.

Share:
Otomotif

www.SportCorner.id Dalam urusan keamanan dan keselamatan kendaraan, Swedia sudah dikenal kampiun sejak dulu. Baru-baru ini, mereka memperkenalkan desain baru bumper truk ringan yang diklaim lebih aman.

Bumper truk ringan ini memiliki struktur yang dapat mengurangi kematian pengemudi dalam tabrakan antara truk ringan dengan mobil penumpang. Struktur tersebut dirancang untuk menyebar dan menyerap gaya benturan antara kedua kendaraan.

Menurut para ilmuwan di Chalmers University of Technology Swedia, ketika sebuah truk bertabrakan dengan mobil, pengemudi mobil yang meninggal dalam insiden tersebut lebih dari 90%. Angka ini berlaku untuk tabrakan frontal maupun tabrakan dari belakang di mana truk menabrak mobil.

Mungkin terdengar wajar karena truk umumnya memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih berat dibandingkan mobil. Namun sebagian besar masalah tersebut lebih dikarenakan oleh fakta bahwa crumple zone pada mobil tidak selalu sejajar dengan crumple zone pada truk.

Akibatnya, sebagian besar energi benturan lebih banyak diserap oleh mobil ketimbang pada truk. Akibatnya, banyak kasus penumpang mobil yang menjadi korban akibat terjepit di dalam kabin.

Pemerintah di Eropa pernah mengeluarkan regulasi untuk membatasi panjang truk. Oleh karena itu, produsen kendaraan menggeser ruang pengemudi ke depan yang membuat kendaraan tidak memiliki 'hidung' untuk memperbesar ruang angkut barang.

Akan tetapi, dengan desain truk tanpa hidung seperti itu, tidak memungkinkan untuk menyematkan banyak fitur keselamatan di ujung depan. Pasalnya tidak ada sedikit pun spasi untuk menyematkan area crumple zone.


Baca Juga

Multi Purpose Vihicle premium Denza D9. (Bagus)

Sasar Segmen MPV Premium, Denza D9 Dibanderol Rp950 Juta

Jaecoo J7. (Jaecoo)

Jaecoo J7 Resmi Diperkenalkan ke Publik Tanah Air

General Manager BYD Asia Pacific Auto Sales Division, Liu Xueliang. (Bagus)

BYD Kuasai 36 Persen Pasar Mobil Listrik Indonesia

Pengendara motor melawan arus jalan. (Korlantas Polri)

Sanksi Tegas dan Denda untuk Pengendara yang Lawan Arus

Ilustrasi. (Korlantas Polri)

Polri Hentikan Tilang Manual Mulai Akhir Januari 2025

Ilustrasi. (Mental Floss)

Ketahui Cara Memutar Setir Mobil yang Benar

Ilustrasi. (Jetour)

Gaikindo Pasang Target Jualan 900 Ribu Mobil di 2025

Suzuki Baleno. (Cars.co.za)

Suzuki Siap Hadirkan Produk Anyar Semester Awal 2025

Posisikan tangan Anda mirip dengan posisi angka jam 9 dan 3. (Mental Floss)

Cara Memegang Setir Mobil yang Benar Kunci Aman Berkendara

Jetour X70 Plus. (Jetour)

Penjualan Global Meningkat, Jetour Optimis Masuk Pasar Indonesia

Ilustrasi. (MotoDeal)

5 Trik Mudah Menegakkan Sepeda Motor yang Jatuh

Supercar GAC G-Force dirancang oleh desainer eksterior GAC Milano. (Aion)

Supercar Konsep G-Force Terinspirasi dari Video Game

Aerox Track Day di lintasan Sirkuit Sentul Karting. (Yamaha)

Intip Sensasi Berkendara Aerox Alpha di Lintasan Sirkuit

Ilustrasi. (Bagus)

Yuk Mengenal Apa Itu Opsen Pajak Kendaraan Bermotor