Monday, August 05, 2024

www.SportCorner.id - Anak perusahaan Suzuki Motor Corporation di India, Maruti Suzuki India (MSIL) secara resmi mengoperasikan fasilitas percontohan untuk pembangkitan dan pemurnian biogas di Pabrik Manesar yang berlokasi di Haryana, India.

Pabrik Biogas yang telah beroperasi sejak Juni 2024 ini, merupakan pabrik percontohan yang berfungsi untuk menghasilkan biogas dari rumput gajah. dan limbah makanan.

Tanaman Napier Grass yang berasal dari keluarga Poaceae ini merupakan hasil budidaya di lokasi pabrik Manesar yang dicampur dengan sisa makanan dari kantin pabrik.

Gas yang dimurnikan tersebut dapat digunakan untuk memasak di kantin dan proses produksi. Kemudian, residunya akan digunakan sebagai pupuk organik untuk hortikultura internal.

Baca juga: Jelang GIIAS 2024 Suzuki Rilis 5 Langkah Sebelum Membeli Mobil Baru

Fasilitas pabrik ini diharapkan mampu memproduksi 200 kg biogas setiap harinya, sehingga dapat mengurangi sekitar 190 ton CO2 setiap tahunnya.

MSIL telah mempromosikan penggunaan energi terbarukan dalam berbagai bentuk di India, seperti pemasangan panel surya di setiap pabrik, dan pemanfaatan listrik ramah lingkungan.

Maruti Suzuki akan menginvestasikan total 4,5 miliar rupee (sekitar 7,9 miliar yen) dalam inisiatif terkait energi terbarukan selama tiga tahun mulai FY2024.