Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Pep Guardiola memenangkan treble kedua kali dalam kariernya sebagai pelatih. Kini, dia melakukannya bersama Manchester City.

City dipimpin Guardiola memenangkan Premier League, Piala FA, dan Liga Champions. Hal serupa dilakukannya saat menukangi Barcelona di 2009 ketika memenangkan LaLiga, Copa del Rey, dan Liga Champions.

The Citizens menjuarai Liga Champions pertamanya sepanjang sejarah klub setelah menaklukkan Inter Milan 1-0, Minggu 11 Juni 2023 dini hari WIB di Stadion Ataturk berkat gol tunggal Rodri.

Guardiola menjadin pelatih klub Inggris kedua yang memenangkan treble winners setelah Ferguson di 1999 bersama Manchester United. Uniknya, hanya klub asal Manchester yang bisa memenangkan treble winners.

Guardiola juga menjadi pelatih kedua terbanyak yang memenangkan trofi Liga Champions (3). Dia hanya kalah dari Carlo Ancelotti yang memenangkan empat trofi Si Kuping Besar.

Sebelum memastikan City meraih treble winners, Guardiola mengaku mendapatkan pesan dari Ferguson.

"Sebuah kehormatan bagi saya bisa menyamai pencapaian Sir Alex Ferguson. Saya mendapat pesan darinya (sebelum pertandingan). Pesan yang benar-benar menyentuh dan itu sangat menyenangkan," ujar Guardiola, dikutip dari Daily Mail, Minggu 11 Juni 2023.

Ferguson meraih treble winners bersama MU di tahun 1999. Dia mengungguli Arsenal di Premier League, mengalahkan Newcastle United di Piala FA, dan Bayern Muenchen di Liga Champions.

Sementara City mengungguli Arsenal di Premier League, menyingkirkan MU di Piala FA, dan Inter di Liga Champions.