Thursday, September 19, 2024

www.SportCorner.id - Duel timnas Indonesia vs Filipina dalam ajang Piala AFF U-19 2024, Rabu (17/7/2024), dimainkan di atas rumput alami namun tim tamu rupanya justru kesulitan.

Para pemain The Young Azkals rupanya tidak terbiasa berlari di atas permukaan ideal untuk sepakbola tersebut dan akhirnya dipaksa pulang dari Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dengan kekalahan telak 6-0.

Alasan tersebut dikemukakan sendiri oleh pelatih Filipina, Josep Ferre, dalam konferensi pers pasca laga.

Di negara mereka, Bryan Villanueva dan kolega menggunakan lapangan dengan rumput sintetis sehingga butuh adaptasi agar bisa leluasa bermain.

Ferre tidak sekedar memberikan alasan saja karena pada kenyataannya, PFF National Training Center yang jadi markas Filipina U-19 digembleng memang cuma fasilitas dengan rumput palsu.

Baca juga: AFF U-19: Keok 6-0, Filipina Akui Gap Level dengan Indonesia Kejauhan

Juru taktik asal Spanyol itu pun berharap anak-anak asuhnya bisa belajar dari pengalaman ini terutama mengingat sepakbola terbaik paling ideal itu selayaknya dimainkan di atas rumput alami.

"Sebagian besar dari pemain Filipina baru pertama kali bermain di rumput alami. Kebanyakan kami hanya pernah merasaka fasilitas stadion yang serba terbatas," ujar Josep Ferre.