Thursday, September 12, 2024

www.SportCorner.id - Buntut peristiwa kebakaran mobil listrik Mercedes-Benz di basement apartemen di Incheon, Korea Selatan, Mercedes-Benz Korea akhirnya mengungkapkan nama-nama pemasok baterai kendaraan listriknya pada Selasa (13/8).

Tindakan ini dilakukan sehari setelah pertemuan yang dilakukan Wakil Menteri Lingkungan Hidup bersama Kementerian Transportasi dan Industri serta Dinas Pemadam Kebakaran Nasional Korsel pada Senin (12/8).

Pada pertemuan tersebut, mereka mendesak pemerintah untuk segera mengumumkan peraturan baru yang intinya mewajibkan produsen mobil listrik mencantumkan merek baterai yang digunakan pada produknya.

Baca juga: Kebakaran EV di Apartemen, Petinggi Mercedes-Benz Korea Temui Warga

Kebakaran mobil listrik pada Kamis (1/8) lalu merusak ratusan kendaraan dan menciptakan kepanikan nasional sehingga lahan parkir di seluruh Korea Selatan menerapkan serangkaian pembatasan, sejalan dengan meningkatnya tuntutan transparansi dalam rantai pasokan baterai.

Korea Selatan adalah produsen utama baterai dan kendaraan listrik, termasuk produsen mobil lokal Hyundai dan Kia, dengan kendaraan listrik (EV) menyumbang 9,3% dari pembelian mobil baru tahun lalu.