Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Agustus 2024 akan jadi bulan yang sangat penting bagi timnas Indonesia jelang persiapan menuju Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Bukan cuma karena bertepatan dengan peringatan hari jadi Republik Indonesia saja, namun sepertinya Agustus tahun ini bisa jadi penentuan bisa atau tidaknya Maarten Paes dan Mauro Zijlstra bergabung dengan Tim Garuda atau tidak.

Pada Kamis (15/8/2024) lalu sidang terkait pergantian federasi untuk Paes telah dilakukan di Pengadilan Arbitrase Olahraga Internasional (CAS).

PSSI sudah memastikan tersebut namun hasilnya kemungkinan baru bisa diketahui pada Minggu (18/8/2024) mendatang.

Paes butuh lampu hijau dari CAS untuk bisa mengganti afiliasi sepakbolanya dari yang semula Belanda menjadi Indonesia.

Baca juga: Cacar Monyet Subur di Spanyol, La Liga Bakal Terancam Lockdown Lagi?

Secara de facto, kiper 26 tahun yang memperkuat FC Dallas tersebut memang sudah menjadi WNI berkat nenek kelahiran Kediri, Jawa Timur.

Hanya saja karena nama Maarten Paes terdaftar dalam skuad Belanda junior saat usianya sudah 22 tahun, proses integrasinya ke timnas Indonesia jadi lebih rumit meski bukan berarti mustahil.

Sedangkan Zijlstra masih belum mendapatkan paspor Indonesia namun ada pertanda kuat dimana ia sudah masuk radar PSSI untuk lanjutan program pemanggilan pemain keturunan.