Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Shin Tae-yong baru saja menggaet Yeom Ki-hun ke dalam jajaran stafnya di timnas Indonesia dan ada alasan kuat di balik perekrutan itu.

Sang pelatih kharismatik menganggap jika Tim Garuda memiliki kelemahan besar di lini serang sehingga butuh baginya punya asisten khusus untuk menangani para striker.

Sejak 2020, Shin Tae-yong telah menjalani 47 pertandingan bersama timnas Indonesia senior.

Dalam rentang tersebut para pemainnya mencetak 96 gol alias 2,04 gol per 90 menit yang mana sebenarnya terbilang bagus namun masih sangat bisa ditingkatkan.

Timnas Indonesia sejak ditangani Shin Tae-yong mnejadi sisi yang atraktif dalam menyerang baik dengan skema ball possesion maupun kala dipaksa menonjolkan pertahanan.

Baca juga: 17 Agustus 2024 Ramai Laga Pemain Abroad, Kans Emas Harumkan Indonesia

Pergerakan fluid 11 serdadu di lapangan jadi kunci diciptakannya banyak peluang namun sayang ketiadaan finisher jitu seringkali buat peluang-peluang tadi terbuang percuma.

Posisi striker memang jadi yang paling Shin Tae-yong rombak. Total ada 12 nama yang sudah dipanggil pria asal Korea Selatan itu namun belum ada yang benar-benar bisa menyemen satu tempat di starting XI.

Shin Tae-yong pernah bereksperimen dengan Dimas Drajad, Dendy Sulistyawan, Ramadhan Sananta, Ezra Walian, Hokky Caraka, Ilija Spasojevic, Rafael Struick, K.H Yudo, Hanis Saghara, Dedik Setiawan, sampai Aji Kusuma dan Saddam Gaffar namun tidak pernah bertahan lama.