Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo, memberikan komentarnya terkait batalnya ANOC World Beach Games (AWBG) 2023 di Bali.

Dia menyayangkan pembatalan event tersebut yang seharusnya akan berlangsung pada 5-12 Agustus mendatang.

"Mewakili pemerintah, Kemenpora sangat menyayangkan pembatalan event ini," kata Menpora Dito dalam keterangan tertulisnya, Rabu 5 Juli 2023.

Lebih lanjut, Dito menyatakan Indonesia selalu mendukung dan siap untuk menjadi tuan rumah ajang olahraga tingkat internasional.

Menpora 32 tahun itu juga merespons alasan pembatalan yang dirilis ANOC yang menyebut LOC mengundurkan diri karena anggaran tidak dirilis pemerintah.

Dia secara tegas menampik bahwa hal itu yang menjadi alasan di balik batalnya AWBG 2023.

"Indonesia selalu siap menjadi tuan rumah event internasional, baik olahraga maupun event lain dengan pembangunan infrastruktur dan SDM. Sejatinya event-event internasional mampu meningkatkan gairah ekonomi pascapandemi (Covid-19)," ujar Menpora Dito.

Dito menyebut Kemenpora dalam hal menyusun perencanaan anggaran terus melakukan asistensi bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) Kementerian Keuangan.

"Dalam menyusun perencanaan, Kemenpora melakukan asistensi bersama BPKP dan Kementerian Keuangan. Hal ini agar menghasilkan rencana anggaran yang sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku," tutur Menpora Dito.