Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Ajang World Beach Games 2023 yang seharusnya digelar di Bali dibatalkan. Pengumuman pembatalan tersebut berlangsung, Selasa malam WIB, 4 Juli 2023.

Penyebab batalnya ANOC World Beach Games 2023 ini dikarenakan banyaknya sponsor yang mundur. Sehingga anggaran yang digunakan murni datangnya dari Pemerintah.

Ketua Umum Olimpiade Indonesia (NOC), Raja Sapta Oktohari mengatakan, batalnya Piala Dunia U-20 di Indonesia berdampak dengan sponsor. Gelaran Piala Dunia U-20 seharusnya digelar di Indonesia pada Mei-Juni lalu, namun kemudian dipindahkan ke Argentina.

"Yang pertama kan situasi Indonesia kan sangat dinamis ya. Apalagi kami tahu terakhir itu ada pembatalan Piala Dunia U-20 yang berdampak terhadap seponsor," kata Okto di Kantor KOI, Rabu, 5 Juli 2023.  

"Sehingga pasca pembatalan itu sponsor banyak yang menarik diri dan kami sudah lapor waktu itu, bahwa ini sepertinya harus siap siap tanpa sponsor. Kami juga melihat bahwa apa yang kami lakukan itu, bahwa kami sendiri dari baik itu dari LOC atau dari pemerintah Indonesia melaksanakan ini semua, karena kami mendapatkan dukungan penuh dari Bapak Presiden. Terkait anggaran pun saya sangat yakin, kami didukung sama pemerintah ," ujar dia.

Namun yang menjadi perhatian adalah soal pencairan anggaran yang membutuhkan waktu panjang. Sehingga menjadi tantangan tersendiri dan berisiko besar.

LOC sendiri bertugas sebagai pelaksana kegiatan 2nd ANOC World Beach Games. Sedangkan, mekanisme proses dan lain-lainnya masuk ke dalam stakeholder lain.