Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Pertandingan pembuka ajang Indonesia International Basketball Invitational (IIBI) mengalami perubahan.

Semula, Timnas Indonesia dijadwalkan melawan Suriah pada laga pembuka IIBI di Indonesia Arena, Rabu 2 Agustus 2023.

Namun, jadwal tersebut diubah karena faktor kondisi atlet Suriah yang baru tiba di Jakarta pada Selasa 1 Agustus 2023 pagi WIB.

"Perbasi meminta mengubah panpel pertandingan dengan mempertimbangkan kondisi tim Suriah," ungkap Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi.

"Sebab mayoritas pemain mereka baru tiba di Jakarta pada Selasa pagi karena force majeur keterlambatan jadwal pesawat yang tiba di Jakarta," jelasnya.

Perubahan jadwal tersebut dipilih setelah berkomunikasi dengan tim Suriah. Oleh karena itu, laga pembuka IIBI diganti di mana dua tim Indonesia akan saling bertemu.

Meski memiliki peringkat lebih baik dari Indonesia, pihak Suriah dinilai tidak akan bisa memberikan perlawanan maksimal jika dipaksa bermain.

Suriah saat ini berada di peringkat ke-72 FIBA World Ranking. Sementara Indonesia cukup jauh di bawahnya, yakni 85 dan Uni Emirat Arab di peringkat 106.

Manajer timnas basket Indonesia, Jeremy Imanuel Santoso, mengaku tidak mempermasalahkan perubahan jadwal pertandingan IIBI.

"Justru kami menyambut baik karena timnas senior dipastikan menghadapi lawan-lawan yang berada dalam kondisi terbaiknya," kata Jeremy.

"Dengan itu, coach Milos Pejic bisa melihat siapa-siapa pemain yang layak masuk ke dalam tim untuk turnamen prakualifikasi Olimpiade 2024 nanti di Suriah," lanjutnya.