Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp turut mengomentari soal aturan baru injury time yang bisa mencapai 100 menit di satu pertandingan.

Badan wasit Premier League, Professional Game Match Officials Limited, membuat aturan baru terkait waktu tambahan atau injury time di pertandingan sepak bola.

Aturan itu dibuat karena banyaknya waktu terbuang di dalam satu pertandingan seperti saat seleberasi pemain, protes, pergantian pemain, hingga cedera.

Waktu yang terbuang gegara hal-hal di atas akan ditambahkan di injury time. Maka, bukan mustahil dalam satu pertandingan waktu yang ditambahkan mencapai 100 menit.

Sebenarnya aturan ini sudah diterapkan di Piala Dunia 2022 di Qatar. Ada satu pertandingan dimana waktu tambahan mencapai delapan hingga 14 menit yang membuat lamanya sebuah pertandingan mencapai lebih dari 100 menit.

Saat pertandingan Community Shield Arsenal melawan Manchester City, aturan itu sudah mulai dipakai. Kala itu, wasit memberikan tambahan waktu hingga delapan menit. Hasilnya, The Gunners bisa mencetak gol penyeimbang melalui Leandro Trossard.

Klopp ikut buka suara terkait aturan tambahan waktu yang diterapkan di Premier League.

"Sulit untuk menjawabnya. Saya memahami latar belakang aturan itu, kami memiliki 90 menit waktu pertandingan, tapi pada akhirnya permainan bersih yang dimainkan antara 50-55 menit dan hal-hal seperti ini," ujar Klopp, di laman resmi klub.

"Jelas ada saat-saat di mana bola keluar lapangan dan itu adalah bagian dari permainan dan itu tidak masalah, tetapi seberapa banyak kita harus memperpanjang waktunya saat ini? Pada akhirnya, jika kita bisa memainkan bola selama 55-60 menit, kita akan lihat, itu tidak terdengar terlalu sulit," katanya.