Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Kurniawan Dwi Yulianto mengungkap penyebab menurunnya performa para pemain junior yang beralih ke jenjang senior dalam kancah sepak bola Indonesia.

Ada banyak pemain muda berbakat Indonesia yang digadang akan berkembang menjadi pemain top di masa depan. Tapi, ketika masuk ke level senior, penampilan mereka justru menurun drastis.

Kurniawan menjelaskan penyebab menurunnya performa para pemain yang masuk ke jenjang senior.

“Kalau apa yang gue lihat, permasalahan di Indonesia ini kan tidak ada kompetisi yang regular untuk seluruh level gitu kan,” kata Kurniawan dalam sebuah Podcast di channel Youtube Sport Corner pada Kamis, 17 Agustus 2023.

Kurniawan, yang menjadi salah satu staf pelatih klub Como, membandingkan kompetisi berjenjang yang dimiliki klub asal Italia itu.

“Karena bisa dibayangkan di Como itu dia punya sebelas tim. Senior Primavera, U17, U12 dan mereka kompetisi secara reguler. Jadi jam terbang mereka selalu terjaga gitu kan,” tambahnya.

Kendati demikian, Kurniawan berharap agar Indonesia memiliki kompetisi reguler yang lain. Hal itu berpotensi meningkatkan jam terbang dan kualitas para pemain Indonesia.

“Nah, mohon maaf. Mudah-mudahan ke depannya di Indonesia ada kompetisi reguler yang lain, ya misalnya sebut saja minimal 30 game,” ungkap eks pemain FC Luzern itu.

“Nah itu akan menambah jam terbang mereka, kemudian kualitas mereka juga pasti akan meningkat-lah kalau berkompetisi secara reguler,” jelasnya.