Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Mantan asisten pelatih ganda putri PBSI, Chafidz Yusuf membeberkan alasan melanjutkan karier ke Filipina.

Chafidz Yusuf atau yang akrab disapa Masmu ini resmi meninggalkan Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) pada Januari 2022 lalu.

Usai hengkang, Masmu memilih untuk bergabung dengan pelatnas Filipina pada Februari 2023 dan menjadi pelatih sektor ganda.

“Kenapa saya mencoba ingin di Filipina? Pertama, itu (Filipina) kan negara yang lagi berkembang bulutangkisnya, dan saya merasa ingin mempunyai suatu tantangan,” kata pria berusia 61 tahun itu ketika dihubungi oleh SportCorner.id, Senin, 28 Agustus 2023.

“Barangkali, kemampuan saya bisa sedikit demi sedikit meningkatkan prestasi yang ada di (bulutangkis) Filipina,” tambahnya.

Menjadi sebuah tantangan bagi Masmu untuk menjadikan para pemain Filipina menjadi pemain yang berpotensi.

“Selain itu, saya juga lihat Filipina juga ada pemain yang ada potensinya meskipun jauh jika dibandingkan dengan kita (Indonesia). Tapi, ini merupakan tantangan untuk saya,” ungkap Masmu.

Masmu juga membeberkan perbedaan yang ia dapatkan ketika melatih di Filipina dan Indonesia. Baginya, jauh lebih unggul fasilitas yang dimiliki Pelatnas PBSI dibandingkan dengan Pelatnas Filipina.

Kendati demikian, ini menjadi tantangan baginya untuk tetap meningkatkan dan mengembangkan kualitas bulutangkis di Filipina.

“Oh, perbedaannya jauh. Pertama, masalah materi pemain, di mana pemain di sini masih terbatas. Kedua, fasilitasnya belum seenak fasilitas kita,” ucapnya.