Thursday, September 19, 2024

www.SportCorner.id - NBA dan FIBA World Cup sebenarnya adalah dua kompetisi yang tidak setara dan tidak bisa dibandingkan secara apple to apple.

NBA adalah kompetisi antarklub yang diikuti 30 tim yang berasal dari kota-kota di wilayah Amerika Serikat dan Kanada, sedangkan FIBA World Cup adalah turnamen antarnegara.

Kompetisi NBA digelar rutin setiap tahun yang biasanya dimulai pada bulan November atau Desember dan rampung pada bulan Juni, sedangkan FIBA World Cup turnamen empat tahunan.

Kendati jarak penyelenggaraannya jarang dan jadi turnamen basket kasta tertinggi di dunia, FIBA World Cup bisa dibilang tak punya nilai prestise seperti Piala Dunia FIFA.

Jika di sepakbola hampir semua pemain pasti menginginkan dipanggil negaranya untuk bermain di Piala Dunia FIFA, maka tidak demikian dengan FIBA World Cup.

Baca juga: Rincian Lengkap Biaya Sewa Indonesia Arena, untuk Olahraga dan Konser Beda Harga 

Contohnya bisa dilihat pada gelaran FIBA World Cup 2023. Banyak pemain-pemain bintang papan atas NBA yang memilih absen pada turnamen yang kali ini dihelat di tiga negara tersebut.

Salah satu pemain bintang papan atas NBA yang memilih absen adalah Nikola Jokic, center Denver Nuggets asal Serbia, negara yang baru saja memastikan lolos ke final FIBA World Cup.