Friday, October 18, 2024

www.SportCorner.id - Lari menjadi olahraga yang paling banyak digemari oleh warga. Olahraga ini memang cukup sederhana, dengan memakai alas kaki atau pun tidak bisa di lakukan.

Ternyata dalam memilih sepatu untuk olahraga lari pun tidak sembarangan. Sebab, jika salah memilih sepatu untuk berolahraga bisa berakibat fatal yaitu cedera.

Ternyata dalam memilih sepatu untuk olahraga lari tidak hanya melihat harga. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Berikut beberapa tips dalam memilih sepatu lari:

- Jalur lari yang akan dilalui
Jalur lari terbagi dalam tiga kategori, road-running shoes, trail-running shoes dan cross-training shoes.

road-running shoes berlaku untuk lari yang di jalan biasa, seperti jalan beraspal, trotoar. Sedangkan trail-running shoes digunakan saat berlari naik-turun bukit yang dipenuhi batu, lumpur atau akar.

Trail-running shoes digunakan untuk melindungi ekstra untuk kaki saat berlari di ekstrim. Kemudian cross-training shoes dirancang untuk pengguna gym atau latihan crossfit.

Baca juga: Bertemu Prabowo, Arhan dan Azizah Diberi Ucapan Selamat dan Buku

- Cara berlari

Cara berlari setiap orang menang berbeda-beda. Namun pada umumnya ada tiga jenis mekanisme lari yang terkait dnegan bentuk telapak kaki, pronasi normal, pronasi berlebih dan pronasi kurang.