Sunday, October 06, 2024

www.SportCorner.id - Sepakbola adalah olahraga yang dimainkan secara tim. Dari posisi penjaga gawang, bek, pemain tengah dan penyerang akan selalu berhubungan.

Mereka akan bekerja sama untuk bisa meraih kemenangan. Di setiap lini tentu memiliki peran masing-masing.

Kiper bertugas untuk menjaga bagaimana bola agar tidak masuk ke gawang. Kemudian bek adalah pemain yang menghalau serangan dari lawan agar tidak menembus ke kiper.

Pemain tengah adalah bagaimana membangun serangan. Dan penyerang bertugas untuk mencetak gol.

Salah satu posisi terpenting adalah bek. Pemain belakang ini akan menjaga dari serangan-serangan lawan.

Beberapa nama bek-bek tangguh pun tentu kita kenal. Sebut saja Sergio Ramos (Timnas Spanyol), Paolo Maldini (eks Timnas Italia), Fabio Cannavaro (eks Timnas Italia), Virgil van Dijk (Timnas Belanda).

Berikut ini tips agar menjadi bek tangguh seperti pemain kelas dunia:

- Pelajari Ketrampilan Teknis

Meningkatkan ketrampilan teknis sangat dibutuhkan oleh seorang bek. Sebab bek harus bisa membaca permainan, mulai dari bertahan hingga mengawal lawan agar tidak menciptakan peluang di depan gawang.

Salah satu ketrampilan teknis yang harus dimiliki adalah tekel. Ya bek setidaknya mampu melakukan tekel yang bersih tanpa dikenai pelanggaran. Meski sulit, namun bek harus punya kemampuan itu.

Paolo Maldini dan Fabio Cannavaro memiliki teknik tekel yang cukup bersih. Mereka sering melakukan tekel dan tidak dikenai pelanggaran.