Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - PBSI memasang target tinggi di Asian Games 2022. Apa nggak ngaca hasil dari turnamen Kejuaraan Dunia 2023?

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rionny Mainaky menargetkan tiga medali emas di Asian Games 2022 Hangzhou.

Tiga medali yang dibebankan PBSI diharapkan bisa diraih di nomor beregu putra, tunggal putra, dan ganda putra. Tapi, dilihat dari prestasi bulutangkis terakhir, target tersebur rasanya sulit dipenuhi.

Di Kejuaraan Dunia 2023 yang digelar di Copenhagen, Denmark, pada Agustus lalu, PBSI menargetkan dua gelar. Tapi, nggak ada satu pun gelar yang berhasil diraih.

"Kami punya target tiga medali emas, harapan kami sih begitu. Tapi saya bercinta-cita bisa lebih dari itu. Ini supaya pemain termotivasi," ujar Rionny, di Pelatnas PBSI.

[Baca Juga: Ulang Tahun, Postingan Megawati di Instagram Bikin Salfok]

Rionny menilai, target ini dinilainya masih wajar. Jika berkaca pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, Indonesia meraih dua medali emas dari Jonatan Christie dan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Dilihat dari pencapaian pebulutangkis Indonesia dalam beberapa turnamen terakhir, hasilnya bisa dibilang buruk di semua nomor.

Baru Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang memecah telur gelar untuk di Hong Kong Open 2023 sejak All England 2023 yang dimenangkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

[Baca Juga: Profil Kepulauan Marshall, Negara Terakhir di Dunia yang Punya Timnas Sepak Bola]

"Saya melihat ambisi dari pelatih dan pemain. Walau hasil di China Open kurang bagus, tapi penampilannya naik di Hong Kong Open. Saya harap itu jadi motivasi semua pemain," katanya.

Cabang olahraga bulutangkis di Asian Games 2022 dimulai pada 28 September hingga 7 Oktober. Pertama-tama, yang dipertandingkan adalah nomor beregu dan dilanjutkan dengan perorangan.

Daftar skuat bulutangkis Indonesia di Asian Games 2022

Putra

Anthony Sinisuka Ginting