Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - PSSI disebut sedang melakukan operasi sunyi senyap untuk menaturalisasi pemain yang punya darah keturunan Indonesia.

Sejak era kepelatihan Shin Tae-yong, sudah cukup banyak pemain keturunan yang dinaturalisasi dan main untuk timnas Indonesia.

Mulai dari Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, hingga Raphael Struick.

Timnas Indonesia akan tampil di tiga kategori Piala Asia, yakni senior, U-23, dan U-20. Untuk itu, skuat Merah Putih disebut masih butuh tambahan pemain naturalisasi.

Satu nama yang tiba-tiba muncul adalah Ryan Flamingo. Pemain ini disebut-sebut sudah diincar Shin Tae-yong dan akan segera diajukan ke PSSI untuk dinaturalisasi.

Nama Flamingo mencuat setelah salah satu media Korea Selatan, Best Eleven, mengklaim bahwa Shin Tae-yong akan menjadikan Flamingo sebagai pemain timnas Indonesia.

[Baca Juga: Apa Iya Jay Idzes Sebagus yang Digembar-Gemborkan?]

Pengamat sepak bola, Ronny Pangemanan atau akrab disapa Bung Ropan mengatakan, Flamingo adalah contoh dari aksi sunyi senyap PSSI.

"Kalau memang benar PSSI sedang melakukan operasi sunyi senyap mengurus Ryan Flamingo, tentunya bagus. Apalagi kita selangkah lagi akan menaturalisasi Jay Idzes," ujarnya, di channel YouTube Bung Ropan.

"Tapi sejauh ini belum ada tanggapan dari Shin Tae-yong atau PSSI terkait kabar naturalisasi Ryan Flamingo," katanya.