Thursday, September 19, 2024

www.SportCorner.id - Gelaran Asian Games 2022,Hangzhou China hampir berakhir. Target Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan sulit untuk tercapai.

Sebab dalam klasemen perolehan Medali Indonesia kini berada di peringkat ke-13. Kontingen Indonesia mengumpulkan 36 medali (tujuh emas, 11 perak dan 18 perunggu).

Tujuh emas dari Indoensia disumbangkan melalui cabang olahraga BMX, menembak, wushu, panjat tebing dan dayung. Menembak menjadi penyumbang medali emas terbanyak yakni 2.

Bahkan dua emas tersebut disumbangkan oleh Muhammad Sejahtera Dwi Putra.

Di hari terakhir kontingen Indonesia bertanding, Sabtu, 7 Oktober 2023, kontingen Indoneisa menambah tiga medali perunggu. Yakni di cabang olahraga renang 10 km putra (Aflah Fadlan Prawira), Karate (Cok Istri Agung Sanistyarani) dan Panahan atas nama Ratih Zilizati Fadhly.  

Baca juga: Jadwal Asian Games Hari Terakhir, Masih Ada Atlet Indonesia Tanding?

Presiden Jokowi ketika itu menargetkan kontingen Indonesia berada di 10 besar perolehan medali. Target Presiden Jokowi tersebut memang lebih tinggi dari hitung-hitungan Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo.

Target dari Menpora adalah, Indonesia berada di peringkat 12 besar di Asian Games 2022.

"Meskipun tadi Menpora sudah mengkalkulasi kira-kira jatuh rangkingnya di rangking 12, buat saya kok jauh banget? Jangan 12 lah. Saya minta masuk 10 besar," kata Preisden Jokowi saat pelepasan kontingen Indoensia di Istana Merdeka, Jakarta, 19 September 2023.