Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Timnas Indonesia resmi menjadi tim terakhir yang memastikan langkahnya menuju 16 besar Piala Asia 2023 pada Kamis (25/1/2024) dan berikut jadwalnya.

Menurut bagan resmi kompetisi, anak-anak asuh Shin Tae-yong akan menjalani laga pertama fase gugur dengan lawan yang telah ditentukan, Australia.

Australia sendiri berstatus sebagai juara Grup B dan tidak tersentuh kekalahan meski diadu dengan tim-tim kuat seperti Uzbekistan, Suriah, dan India.

Meski baru bergabung dengan AFC usai pindah dari federasi OFC pada 2006, Australia sudah punya sejarah bagus di Piala Asia. Di 2011 yang jadi edisi kedua mereka, The Socceroos sukses menjadi runner up dan empat tahun kemudian gelar juara kemudian direngkuh.

Berbeda jauh dengan Indonesia yang baru mengikuti lima Piala Asia meski sudah lebih lama tergabung di bawah payung AFC dan di Piala Asia 2023 mereka menginjak 16 besar untuk kali pertama.

Baca juga: Daftar Tim Lolos 16 Besar Piala Asia: Timnas Indonesia Ukir Rekor!

Untuk masalah head-to-head dengan timnas Indonesia, Australia bisa dibilang unggul jauh sejak kali pertama berjumpa pada November 1979.

Dari 18 pertemuan di panggung internasional, Tim Garuda hanya sekali menang dan 14 kali kalah. Satu-satunya kemenangan itu pun sudah terjadi lama sekali yakni di kualifikasi Piala Dunia 1982.