Thursday, September 19, 2024

www.www.SportCorner.id - Meski hanya sampai 16 besar namun perjalanan timnas Indonesia di Piala Asia 2023 layak diberi apresiasi tinggi karena mencapai target.

Untuk kali pertama sepanjang sejarah Tim Garuda berhasil melewati fase grup bahkan dengan rataan pemain termuda sekalipun serta rangking terendah FIFA.

Sedikit banyak kontribusi para bintang yang berkarier di luar negeri jadi kunci kenapa skuad asuhan Shin Tae-yong bisa mengukir catatan tersebut.

Bila di masa depan ada lebih banyak pemain yang mengikuti jejak Jordi Amat, Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, Shayne Pattynama, atau Sandy Walsh maka timnas Indonesia tentu akan punya peluang mencetak lebih banyak sejarah.

Belajar dari performa di Piala Asia 2023, rasanya ada beberapa nama di tim Merah-Putih yang layak mengadu nasib ke luar negeri. Tidak perlu ke Eropa, di level elite Asia pun sebenarnya sudah cukup untuk mereka. Berikut ulasannya.

Baca juga: Pulang dari Bikin Rekor di Piala Asia, Rangking FIFA Indonesia Meroket

1. Ernando Ari

Meski sering dianggap terlalu kecil untuk pemain di posisi kiper, namun Ernando Ari adalah salah satu pilar terpenting timnas Indonesia di Qatar.

Skill shot-stoppingnya sangat bisa diandalkan dan itu terlihat di saat Tim Garuda melawan Jepang, Irak, maupun Vietnam. Ketenangannya dalam menghadapi tekanan lawan jadi modal berharga yang bisa membawanya ke banyak klub.