Saturday, October 05, 2024

www.SportCorner.id - Pabrikan mobil Jerman, Mercedes Benz, dikenakan denda sebesar 10 ribu Euro atau setara 1,5 miliar Rupiah setelah dinyatakan bersalah telah melanggar regulasi parc ferme di GP Spanyol.

Mercedez dinyatakan bersalah setelah melanggar peraturan yang secara tertulis berbunyi ‘tidak mengikuti intruksi dari penyelenggara untuk pelaksanaan acara yang aman dan tertib’.

Hal tersebut terjadi karena fisioterapis Lewis Hamilton dan George Russell mendatangi sang pembalap sebelum dilakukan penimbangan di parc ferme. Setelah diadakan rapat, fisioterapis dan seorang perwakilan Mercedes dikenakan denda.

“Para Steward menerima laporan dari delegasi media yang kemudian dikonfirmasi dengan bukti video, bahwa ada fisio atau asisten pembalap nomor mobil 44 dan 63 memasuki parc ferme, dan hal tersebur melanggar prosedur wawancara pasca balapan dan upacara podium,” ungkap perwakilan Steward mengutip dari Crash.

Setiap tim harus segera meninggalkan mobil mereka di parc ferme setelah sesi kualifikasi untuk segera dilakukan pemeriksaan. Petugas yang dapat memasuki area parc ferme hanya mekanik, official, dan pers yang telah disetujui oleh FIA, selain itu maka tidak boleh ada yang menyentuh area tersebut.

Namun, Mercedes melanggar hal tersebut dengan masuknya fisioterapis dan perwakilan tim untuk mendatangi parc ferme ketika selesai balapan.

Untungnya, sanksi tersebut tidak termasuk dalam pengurangan poin ataupun anulir yang berhubungan dengan balapan lainnya.