Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Raja Sapta Oktohari resmi mendeklarasikan diri untuk maju kembali sebagai calon Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) periode 2023-2027.

Pada pencalonan kali ini, Okto, sapaan akrab Raja Sapta Oktohari ditemani Ismail Ning sebagai calon wakil ketua umum KOI.

Raja Sapta Okto-Ismail Ning diusung mayoritas Federasi Nasional anggota NOC Indonesia dalam deklarasi yang diselenggarakan di Ritz-Carlton, Pacific Place, Jakarta, Rabu 7 Juni 2023 malam WIB.

Ada sejumlah alasan yang membuat Federasi Nasional mendukung Okto maju lagi sebagai Ketua NOC Indonesia.

Satu di antaranya karena tugasnya belum selesai untuk terus mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

“Indonesia itu bangsa besar. Negara populasi nomor empat di dunia, yang artinya memiliki banyak potensi yang dapat dibina sebagai atlet berprestasi. Tapi, saat menjadi CdM Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, saya tertampar, kenapa kita hanya mengirimkan 28 atlet di Olimpiade. Tanda tanya besar. Di situ mimpi saya dimulai,  kita harus membuktikan bahwa Indonesia adalah bangsa besar di mata dunia, kita harus bersinar, kita tak boleh jadi jago kandang," kata Okto dalam keterangan tertulis.

Setelah terpilih sebagai Ketua NOC Indonesia periode 2019-2023, Okto langsung membuat perubahan. Olahraga Indonesia mampu unjuk gigi di kancah internasional dengan capain besar.

Pada SEA Games 2019, tim polo air dan voli putra sukses menghapus dahaga medali emas. Kemudian pada Olimpiade Tokyo 2020, Greysia Polii/Apriyani Rahayu mencatat sejarah sebagai ganda putri yang pertama kali menyumbangkan medali emas.