Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Indonesia Open 2023 akan menjadi turnamen terakhir yang digelar di Istora Senayan.

Pasalnya untuk tahun depan Indonesia Open akan berpindah Indoor Multifunction Stadium atau yang lebih dikenal dengan Indonesia Arena di kawasan Gelora Bung Karno.

Secara kapasitas Indonesia Arena memang lebih besar. Istora memiliki kapasitas 7 ribu, tapi yang digunakan hanya 6 ribu kursi. Sedangkan Indonesia Arena memiliki kapasitas 16.500 tempat duduk.

Turnamen Indonesia Open 2023 akan digelar pada 13-18 Juni 2023. Turnamen BWF World Tour Super 1000 ini memperebutkan hadiah Rp20 miliar.

"Kami sangat ingin meninggalkan kenangan manis untuk seluruh pencinta bulutangkis di Istora. Karena ini kemungkinan besar akan Indonesia Open terakhir di Istora, sebelum pindah ke Indonesia Arena," kata Ketua Pelaksana Indonesia Open, Armand Darmadji dalam konferensi pers, Senin 12 Juni 2023.

Saat ini Indonesia Arena sedang dalam penyelesaian pembangunan. Tahun ini Indoensia Arena akan digunakan untuk FIBA World Cup 2023 pada Agustus-September 2023.

"Kalau buat konfirmasi pasti atau tidak, selama siap digunakan pasti kami pindah ke sana karena dari kapasitas di sini cuma enam ribu tempat duduk dari tujuh ribu," ujar dia.

"Dengan adanya Indonesia Arena yang baru, kami harapkan bisa pindah ke sana, karena bisa dilihat sendiri animo sangat besar. Sehingga kami pastikan kalau lokasi tersedia, kami akan pindah," kata Armand.

Turnamen Indonesia Open mulai digelar pada tahun 1982 dan menjadi kalender seri super BWF pada 2007. Turnamen ini sempat digelar di beberapa daerah di Indonesia.