Thursday, September 19, 2024

www.SportCorner.id - Berikut daftar kontingen Indonesia yang sukses membawa pulang emas dari pagelaran Olimpiade sejak musim 1992 hingga 2024.

Jelang Olimpiade Paris 2024 rampung, Indonesia sebagai salah satu tim peserta berhasil memperoleh dua medali emas melalui dua cabang olahraga yang berbeda.

Medali emas pertama diraih atlet panjat tebing, Veddriq Leonardo yang turun di nomor speed putra dengan rekor waktu 4,75 detik atau unggul 0,02 detik dari atlet China, Wu Peng.

Kemudian, Rizki Juniansyah turut mempersembahkan medali emas kedua untuk Indonesia di cabor angkat besi setelah berhasil mencetak rekor clean and jerk dengan catatan total angkatan 354 kg di South Paris Arena 6, Jumat (9/8/2024) dini hari WIB.

Melalui perolehan dua medali tersebut, Indonesia menuliskan sejarah baru setelah puasa emas selama 32 tahun sejak pagelaran Olimpiade Barcelona musim 1992.

Baca Juga: [Veddriq Leonardo Raih Emas Olimpiade, Kena Bea Masuk di Bandara?]

Selain itu, kemenangan Veddriq dan Rizki juga menjadi sejarah baru bagi Indonesia yang pertama kali meraih medali emas dari cabor non-bulutangkis.

Sebelumnya, Indonesia telah mengoleksi medali emas melalui performa apik ke-13 atletnya di cabor badminton Olimpiade sejak 1992.

Daftar atlet tersebut dimulai dari kemenangan sang legenda, Susi Susanti di cabor tunggal putri badminton Olimpiade Barcelona pada tahun 1922.