Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Piala Super Eropa awalnya lahir dari ide seorang jurnalis asal Belanda.

Piala Super Eropa mempertemukan juara Piala Champions/Liga Champions dan Piala UEFA/Liga Europa. Tahun lalu, Manchester City menjadi juara setelah mengalahkan Sevilla.

Tahun ini, Piala Super Eropa 2024 mempertemukan Real Madrid dan Atalanta dalam pertandingan yang dihelat pada Kamis (15/8/2024) dini hari WIB di Stadion National, Warsawa, Polandia.

Ada tiga tim tersukses di Piala Super Eropa, yakni Barcelona, Real Madrid, dan AC Milan. Ketiganya sama-sama memenangkan trofi tersebut sebanyak lima kali.

Lalu, seperti apa sejarah terbentuknya Piala Super Eropa? Ternyata berawal dari ide seorang jurnalis De Telegraf bernama Anton Witkamp.

[Baca Juga: Jadwal Piala Super Eropa 2024: Real Madrid vs Atalanta]

Pada tahun 1972, Witkamp mengusulkan ide tersebut ke van Praag yang saat itu menjadi presiden klub AFC Ajax, sebagai juara Piala Champions Eropa pada saat itu.

Ide tersebut kemudian dibawa ke UEFA untuk menerima pengakuan resmi, namun usul tersebut ditolak oleh Artemio Franchi, selaku presiden UEFA pada saat itu, karena Rangers sebagai juara Piala Winners Eropa saat itu sedang dalam masa hukuman karena perilaku fansnya.

Pertandingan yang direncanakan tetap dilaksanakan, namun sebagai pertandingan tidak resmi dalam rangka merayakan Centenary of Rangers F.C.