Sunday, September 29, 2024

www.SportCorner.id - Membaca artikel classicdriver.com berjudul 'A last visit to the Citroën Conservatory before it closes its doors', terasa bagai sambaran petir di siang bolong. Situs bernama resmi Citroën Coservatoire di Aulnay-sous-Bois dekat Paris yang telah berdiri sejak 23 tahun lalu itu akhirnya ditutup untuk selamanya dan meninggalkan rasa perih di dada.

Bagaimana tidak. Penulis pernah mengunjungi museum Citroen setahun lalu, tepatnya pada 17 Juli 2023 dalam acara 'Citroen Media Trip to Paris' yang digelar oleh PT Indomobil Wahana Trada dan Stellantis (induk perusahaan Citroen).

Bangunan Citroën Conservatoire memiliki luas 6.500 meter persegi. Lokasinya berada di sebelah Timur Laut Menara Eiffel. Jaraknya sekitar 27,5 km dari landmark Kota Paris setinggi 330 meter karya Gustave Eiffel yang dirancang dan dibangun mulai 1887 hingga 1889 itu.

Baca juga: Citroen Merek Mobil Prancis yang Kembali Berkiprah di Indonesia

Di gedung yang lebih menyerupai surga sejarah ketimbang museum tersebut, kami disambut dan didampingi oleh Citroën Heritage Manager Denis Huille yang menceritakan sejarah dan sosok sang pendiri André-Gustave Citroën.

Citroen Huille - CHADIE