Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Sandro Tonali resmi bergabung dengan Newcastle United. Kepindahan yang membuatnya menjadi pemain termahal Italia.

Newcastle mendatangkan Tonali dari AC Milan senilai 60 juta Poundsterling. Pemain berusia 23 tahun itu mendapatkan kontrak berdurasi lima tahun plus opsi perpanjangan satu tahun.

Tonali resmi menjadi pemain termahal Italia yang sebelumnya tercatat atas nama Jorginho di 2018 saat dibeli Chelsea dari Napoli senilai 49 juta Poundsterling.

Jika ditarik jauh ke belakang lagi, pemain Italia termhal ketiga sepanjang sejarah disandang Gianluigi Buffon di 2001 saat Juventus memboyongnya dari Parma senilai 45,5 juta Poundsterling.

Di posisi empat, pemain termahal Italia adalah Christian Vieri di tahun 1999 ketika dibeli Inter dari Lazio senilai 39,5 juta Poundsterling. Di posisi lima ada nama Federico Chiesa yang direkrut Juventus dari Fiorentina di 2020 senilai 37 juta Poundsterling.

Pelatih Newcastle, Eddie Howe bahagia bisa mendatangkan Tonali. The Magpies butuh pemain top musim depan karena akan berlaga di Liga Champions.

"Saya dengan bangga menyambut Tonali ke Newcastle United. Dia talenta luar biasa. Dia punya mental, fisik, dan teknik bagus yang akan menjadi tambahan bagus untuk kami," ujar Howe, dikutip dari The Sun.

"Di usia 23 tahun, Tonali sudah punya pengalaman menjadi pemain kunci di salah satu liga top Eropa dan di Liga Champions. Dia juga pemain penting dalam timnas (Italia). Dia juga masih bisa berkembang menjadi lebih bagus lagi. Saya tak sabar bekerja sama dengannya," katanya.