Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Barcelona resmi menjuarai La Liga 2022/2023 usai menang atas tim sekota, Espanyol, Senin 15 Mei 2023 dini hari WIB.

Kepastian juara La Liga setelah Blaugrana menang dengan skor 4-2 dalam pertandingan yang bertajuk Derby Catalan tersebut.

Empat gol Barcelona masing-masing dicetak oleh brace Robert Lewandowski, Alejandro Balde, dan Jules Kounde. Espanyol sempat membalas melalui gol Javier Puado dan Joselu.

Berkat kemenangan itu Barcelona saat ini mengumpulkan 85 poin dari 34 pertandingan yang telah dijalani. Blaugrana unggul 14 angka dari musuh bebuyutan Real Madrid yang menghuni posisi kedua.

Dengan empat laga tersisa, El Real dipastikan tak mampu mengejar selisih poin dengan Barcelona sehingga status juara layak disandang klub Catalan tersebut.

Gelar La Liga musim ini menjadi gelar ke-27 Barcelona di kasta tertinggi sepakbola Spanyol. Terakhir kali Blaugrana menyandang gelar serupa terjadi pada musim 2018/2019.

Keberhasilan Barcelona musim ini jadi terasa spesial bagi sang pelatih, Xavi Hernandez. Ini adalah gelar liga pertama Xavi sebagai pelatih bersama Blaugrana.

Gelar itu sekaligus melengkapi trofi Piala Super Spanyol 2022/2023 yang sebelumnya berhasil diraih Barcelona.

Secara umum Barcelona memiliki catatan cukup apik di La Liga musim ini. Mereka tercatat meraih 27 kemenangan, empat imbang, dan tiga kali kalah.

Secara produktivitas gol, mereka hanya kalah dari Real Madrid. Namun, dalam urusan kebobolan Barcelona lebih baik daripada El Real.