Saturday, October 05, 2024

www.SportCorner.id - Para pemain timnas wanita Spanyol akhirnya menentukan sikap tegas terkait skandal ciuman bibir yang dilakukan oleh Presiden Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) Luis Rubiales kepada Jenni Hermoso.

Para pemain sepakat melakukan boikot atau menolak bermain untuk timnas wanita Spanyol hingga waktu yang tidak ditentukan.

Boikot para pemain timnas wanita Spanyol itu dilakukan lantaran Luis Rubiales menolak mundur dari posisinya sebagai presiden RFEF.

Sikap para pemain timnas wanita Spanyol itu tertuang dalam surat yang ditandatangani oleh 81 pemain, termasuk skuad pemenang Piala Dunia Wanita 2023.

Surat tersebut kemudian dirilis melalui FUTPRO tidak lama setelah Luis Rubiales menolak untuk mundur.

"Sebagai akibat dari kejadian pagi ini, dan sehubungan dengan pidato membingungkan yang disampaikan Presiden RFEF Luis Rubiales, para pemain tim senior putri Spanyol, juara dunia terkini, mendukung Jennifer Hermoso, ingin menyampaikan kecaman tegas dan keras atas perilaku yang melanggar martabat perempuan," isi pernyataan sikap para pemain timnas wanita Spanyol.

"Mengingat pernyataan yang dibuat Presiden RFEF, Jennifer Hemoso dengan tegas menyangkal dia menyetujui ciuman yang diberikan Luis Rubiales setelah final Piala Dunia: "Saya ingin mengklarifikasi hal itu, seperti yang terlihat dalam gambar, sama sekali tidak ada saya menyetujui ciuman yang dia berikan kepada saya dan tentu saja, saya sama sekali tidak berusaha mengangkat Presiden (Rubiales mengatakan dia melakukannya). Saya tidak akan membiarkan kata-kata saya diragukan, apalagi kata-kata yang tidak saya ucapkan, malah dibuat-buat."