Wednesday, October 16, 2024

www.SportCorner.id - Lewis Hamilton dan George Russell mengecam Mercedes atas kegagalan mereka dalam F1 Grand Prix Belanda di Sirkuit Zandvoort, Minggu, 28 Agustus 2023.

Hamilton dan Russell menuding Mercedes memberikan informasi tak akurat terkait cuaca saat balapan, sehingga membuat balapan mereka gagal di Zandvoort.

“Mereka bilang padaku itu akan memakan waktu dua menit. Dan saya bisa bertahan selama dua menit dalam kondisi (ban licin) seperti itu, tapi itu menjadi semakin berat dan berlangsung selama 10 menit,” kata Hamilton dilansir dari PlanetF1.

Seperti yang diketahui, Zandvoort diguyur hujan deras dari awal balapan.

Namun, Mercedes menginfokan kepada para pembalapnya bahwa hujan akan segera reda dalam beberapa menit ke depan.

Justru, hujan turun jauh melebihi skala waktu tersebut, membuat Hamilton dan Russell berusaha keras mengatasi balapan dengan ban licin.

Atas kejadian tersebut, Hamilton dan Russell turun ke posisi belakang usai kesibukan pit stop selesai, dan balapan kembali dimulai saat trek mengering.

“Balapan telah usai sebelum benar-benar dimulai. Saya pikir informasi yang kami dapatkan mengenai cuaca salah total,” ucap Hamilton.

“Kami pikir hujan akan berlangsung selama beberapa menit dan ternyata hujannya berlangsung lebih lama. Jadi, sayang sekali podiumnya terlewatkan,” tambahnya.

“Sebagai tim, kami perlu melakukan review karena kami mendapatkan informasi yang masuk dan salah menilai cuaca, jadi ini tidak ada hubungannya dengan balapan atau teknik, itu jelas hanya salah tafsir cuaca dan merusak sore kami,” jelasnya.