Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Petenis asal Serbia, Novak Djokovic mencatat sejarah baru setelah memenangkan turnamen grand slam US Open 2023.

Bertanding di Arthur Asahe, New York, Senin 11 September 2023 pagi WIB, Djokovic mengalahkan petenis asal Rusia, Daniil Medvedev.

Djokovic merebut gelar US Open 2023 dengan mencatatkan kemenangan straight set, 6-3, 7-6 (7-5), dan 6-3.

Kemenangan ini mencatatkan Djokovic dalam buku sejarah tenis. Dia menjadi petenis putra pertama yang memenangkan 24 titel grand slam. Selain itu, ini adalah gelar US Open keempat dalam kariernya.

Sebelum memenangkan US Open 2023, titel grand slam Djokovic sudah melampaui rivalnya, Rafael Nadal di angka 22. Artinya, petenis 36 tahun itu sah menjadi yang terhebat dari segi titel dibandingkan dua rivalnya, Nadal dan Roger Federer (kini sudah pensiun).

Djokovic memang menjadi petenis putra terbanyak yang memenangkan title grand slam. Tapi, jumlah 24 trofi sama dengan legenda tenis putri Australia, Margaret Court.

[Baca Juga: Banjir Bintang Hollywood di Final US Open 2023]

Djokovic nyaris menyapu bersih titel grand slam tahun ini. Sayang, dia gagal meraih juara di Wimbledon yang digelar di Inggris. Dia mendapatkan titel Australia Open, French Open, dan kini US Open.

Catatan luar biasa lain yang diukir Djokovic adalah, dia menjadi petenis pertama yang bisa memenangkan tiga titel grand slam dalalm satu tahun sebanyak empat kali.