Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Istilah local pride kembali muncul di tengah keberhasilan Timnas Indonesia U-23 lolos ke putaran final Piala Asia U-23.

Indonesia dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 usai mengalahkan Turkmenistan 2-0, Selasa 12 September 2023 di Stadion Manahan, Solo.

Dua gol kemenangan Indonesia dicetak Ivar Jenner dan Pratama Arhan. Skuat Garuda Muda menyandang status juara grup setelah sebelumnya membantai Chinese Taipie 9-0.

Bagi pelatih Shin Tae-yong, ini adalah pencapaian luar biasa. Dia membawa timnas Indonesia di tiga kategori usia berbeda lolos ke kompetisi Asia.

[Baca Juga: Satu Noda di Balik Pencapaian Apik Shin Tae-yong]

Sebelumnya, Shin Tae-yong meloloskan Indonesia ke Piala Asia U-20 dan Piala Asia level senior. Torehan ini mengalahkan catatan Fakhri Husaini yang sebelumnya pernah meloloskan Timnas U-16 dan U-19 ke Piala Asia.

Istilah local pride jadi trending saat Timnas Indonesia U-16 asuhan Bima Sakti menjuarai Piala AFF U-16. Ucapan itu keluar dari mulut asisten pelatih Nova Arianto.

Di depan kamera, Nova berteriak 'Local Pride', yang dimaknai banyak pihak sebagai bukti keberhasilan timnas Indonesia tanpa pelatih dan pemain asing.

Ucapan Nova diduga menyindir Shin Tae-yong yang hingga kini belum bisa memberikan gelar untuk timnas Indonesia. Selain itu, sindiran juga ditujukan kepada permintaan pelatih asal Korea Selatan menaturalisasi pemain yang punya darah Indonesia.