Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Dalam sebuah permainan bola voli posisi seorang Libero memiliki peran yang cukup unik. Tidak hanya soal jersey yang beda sendiri, namun tugas libero juga penting.

Seorang libero di voli memang sangat mudah dikenali. Biasanya dia akan memakai jersey dengan warna yang berbeda dari rekan-rekannya.

Kemudian dari sisi postur tubuh libero biasanya juga terlihat lebih pendek dari rekan-rekannya. Lantas kenapa libero harus memakai warna yang berbeda dari rekan-rekannya. 

Hal ini dikarenakan agar wasit lebih mudah mengenali pemain berposisi sebagai libero. Sebab libero memiliki aturan yang khusus, 

Dikutip dari volleyballvault libero juga memiliki tugas yang sangat penting. Libero spesialis melakukan passing dan digging dan hanya bermain di lini belakang saja.

Libero memiliki tugas utama untuk membantu tim dalam menerima serangan dan memperkuat pertahanan. Libero memiliki kebebasan untuk bergerak dan bertukar posisi dengan pemain lain tanpa melanggar aturan.

Libero tidak diperbolehkan melakukan rotasi ke depan atau melakukan spike. Libero akan bertahan di posisi 5 atau 6 tergantung strategi dari pelatih.

Sebutan lain dari Libero adalah pemain bertahan. Libero adalah salah satu pemain yang harus memiliki passing yang bagus. 

Berikut ini pemain Timnas Bola Voli yang berposisi sebagai Libero:

- Fahreza Rakha Abhinaya:

Ia bermain di Jakarta Bhayangkaran di Proliga 2023. Fahreza pernah memperkuat Timnas voli putra di SEA Games 2019 dan 2021.