Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Piala Dunia U-17 mungkin kalah tenar dari Piala Dunia level senior. Tapi, ada banyak bintang dunia lahir dari turnamen ini.

Piala Dunia U-17 merupakan kompetisi yang terinspirasi dari the Lion City Cup yang diciptakan Asosiasi Sepak Bola Singapura pada 1977.

The Lion City Cup merupakan turnamen sepak bola U-16 pertama di dunia. Setelah tahun 1982, turnamen ini diubah menjadi Piala Dunia U-16 FIFA.

Edisi pertama digelar di Chinia pada 1985. Sejak itu, turnamen ini digelar setiap dua tahun sekali. Ini tentu berbeda dengan Piala Dunia level senior yang digelar empat tahun sekali.

Nigeria menjadi juara pertama edisi Piala Dunia U-17 di tahun 1985. Untuk edisi terakhir di 2019, Brasil keluar sebagai juara.

Nigeria menjadi negara paling sukses dengan lima kali juara. Sementara Brasil ada di posisi dua dengan empat titel. Kemudian diikuti Ghana (2) dan Meksiko (2).

Berdasarkan konfederasi, Afrika (CAF) menjadi paling sukses dimana ada tujuh gelar diraih tim yang mewakili CAF.

Konfederasi Amerika Selatan (Conmebol) ada di urutan kedua dimana ada empat wakilnya yang menjadi juara. Selebihnya adalah konfederasi Amerika Tengah dan Utara (Concacaf) dengan dua wakil menjadi juara, dan terakhir dari Asia (AFC) dengan satu wakil yang juara, yakni Arab Saudi.

Ada banyak bintang dunia yang lahir dari Piala Dunia U-17. Nama pertama yang tentu dikenal banyak orang adalah Ronaldinho. Dia menjadi bintang Brasil di Piala Dunia U-17 tahun 1997.

Ronaldinho mencetak dua gol di turnamen tersebut dan berhasil membawa Brasil keluar sebagai juara.

Selain itu, ada Neymar yang juga merupakan jebolan Piala Dunia U-17 pada tahun 2009. Bedanya, Neymar nggak berhasil membawa Tim Samba juara.

Daftar Pemenang Golden Ball Piala Dunia U-17

1985: William (Brasil)