Friday, September 20, 2024

www.SportCorner.id - Soal pemain naturalisasi masih menjadi polemik. Tapi, kapten timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam tak mempermasalahkan hal tersebut.

Ada banyak pro dan kontra soal pemain naturalisasi di era kepelatihan Shin Tae-yong, terutama untuk timnas level usia.

Beberapa nama yang dinaturaliasi adalah Raphael Struick dan Ivar Jenner. Kedua nama itu berperan besar meloloskan Indonesia ke putaran final Piala Asia U-23.

Selain itu, masih ada beberapa nama yang dinaturalisasi, salah satunya Elkan Baggott. Tapi, beda dengan naturalisasi zaman dulu, kali ini kebijakannya adalah, pemain tersebut harus punya darah Indonesia.

Nah, masalah naturalisasi ini pernah disinggung pengamat Tommy Welly. Dia menentang kebijakan tersebut.

[Baca Juga: 'Tamparan' Bambang Pamungkas untuk Pemuja Local Pride]

"Jika benar-benar dilaksanakan program naturalisasi untuk Piala Dunia U-20 tahun depan, Apakah ada jaminan lolos dari fase grup Indonesia tahun depan?" ujar bung Towel.

"Makanya dikontraklah Shin Tae-yong untuk meng-advance, memprogres pemain kita. Kan itu maunya. Jadi buat saya, naturalisasi ini keputusan gegabah," ungkapnya.

Lewat podcast YouTube Sport77 Official, Asnawi mengaku tak mempermasalahkan soal naturalisasi, selama pemain tersebut memang benar-benar cinta Indonesia dan mau bekerja keras.