Friday, September 20, 2024

www.www.SportCorner.id - Mengumumkan setahun lebih awal, FIFA telah merilis daftar negara yang akan menjadi kandidat tuan rumah Piala Dunia 2030.

FIFA menyatakan bahwa pada Piala Dunia 2030, akan diselenggarakan di enam negara di dua belahan bumi yang berbeda.

Keenamnya adalah Maroko, Spanyol, Portugal, Uruguay, Argentina, dan Paraguay.

Teruntuk Maroko, Spanyol, dan Portugal telah dinyatakan oleh FIFA sebagai satu-satunya calon tuan rumah ajang bergengsi tersebut.

"Dewan FIFA telah menyetujui bahwa satu-satunya kandidat pencalonan akan datang dari gabungan Maroko, Portugal, dan Spanyol yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030," kata FIFA yang dikutip dari laman Reuters.

[Baca Juga: Hasil Lengkap Liga Champions 5 Oktober: Newcastle Pesta Gol, Mbappe Sehat?]

"Ketiga kandidat tersebut lolos kualifikasi secara otomatis dari alokasi slot yang ada, tergantung pada selesainya proses penawaran yang berhasil dilakukan oleh FIFA dan atas keputusan kongres FIFA pada tahun 2024," sambung pernyataan FIFA.

Dalam mempertimbangkan konteks sejarah Piala Dunia perdana, Dewan FIFA sepakat menjadikan Uruguay sebagai tuan rumah upacara perayaan seratus tahun Piala Dunia FIFA.

Pada tahun 1930, Piala Dunia pertama kali dihelat di Uruguay dan dimenangkan juga oleh tuan rumah setelah unggul atas Argentina di final di Montevideo.