Friday, September 20, 2024

SportCorner.id - Satgas Antimafia Bola Polri menangkap Vigit Waluyo (VW)sebagai tersangka dalam kasus match fixing atau pengaturan skor sepakbola Liga 2.

Kapolri Jendral (Pol) Listyo Sigit Prabowo mengatakan, Satgas Mafia Bola telah kembali membongkar praktik curang di sepakbola Indonesia. Praktik pengaturan skor ini menjerat VW.

"Kami menemukan ada upaya pengaturan skor, agar klun terdegradasi lolos. Ini semua adalah hasil data intelijen, adalah salah satu aktor intelektual, namanya cukup malang-melintang, inisial VW," kata Sigit saat konferensi pers di Mabes Polri, Rabu (13/12/2023).

Kepala Satgas Antimafia Bola, Irjen (Pol) Asep Edi Suheri mengatakan, selain VW ada tujuh tersangka lainya. Di mana empat di antaranya adalah wasit KH, RP AS dan RT.

Kemudian tersangka lainnya adalah manajer klub, DRN, satu LO wasit KM. Lantas satu tersangka dalam status DPO, GAS.

Baca juga: Polri Ungkap Rumah Judi Online, Perputaran Uang Capai Ratusan Miliar

"Menemukan indikasi keterlibatan pihak klub dalam melakukan praktik pengaturan skor dengan cara melobi perangkat wasit dan memberikan sejumlah uang untuk memenangkan satu klub," kata Asep.

"Pihak klub mengaku telah mengeluarkan uang sekitar Rp1 miliar untuk melobi wasit," katanya.

Menurut Asep, penyidik juga telah melimpahkan berkas perkara ke Kejaksaan Agung (Kejagung). Berkas dikirim pada (7/12/2023).